Jumat, 02 November 2012

Kerajaan BEDAHULU

KERAJAAN BEDAHULU



Kerajaan Bedahulu di Bali muncul sekitar abad ke 8 sampai abad ke 14 pusat pemerintahan berada di Pejeng atau Bedahulu Kabupaten Gianyar . Dimasa kerajaan Bedahulu di perintah oleh Sri Kesariwarmadewa, kemudian dilanjutkan oleh Gunaprya Dharmaptani dan Udayana Warmadewa.  Pengganti Udaya adalah Marakata dan dilanjutkan oleh Anak Wungsu, putera Raja Udayana adik Erlangga. Di tahun 915 M raja Bali berhasil mengembangkan kerajaan nya untuk menjalin kerjasama persahabatan dengan Mataram Kuno ditandai dengan pernikahan Udayana Warmadewa pada tahun 956-1022 dengan puteri Makutawangsa Whardana yang bernama Mahendradatta atau Gunapraya Dharmapdni, hubungan berlanjut setelah putera Udayana yang bernama Airlangga menikah dengan puteri Dharmawangsa Tguh bernama Dewi Laksmi.
Masa pemerintahan Anak Wungsu tahun 1049-1077 berhasil membangun candi Tampak Siring. Pengganti Anak Wungsu, Jaya Sakti, Jayapangus. Pada sekitar abad ke 14 kerajaan ini ditaklukkan oleh Majapahit dan dijadikan kerajaan bawahan. Bermula dari kedatangan Gajahmada ke Bali dilakukan pada saat Bali diperintah oleh Kerajaan Bedahulu dengan Rajanya bernama Astasura.
Gajahmada memimpin ekspedisi bersama Panglima Arya Damar dengan dibantu oleh beberapa orang Arya. Penyerangan ini mengakibatkan raja kerajaan Bedahulu dan puteranya wafat. Setelah terjadi kekosongan pemimpin di Bali, kemudian Majapahit menunjuk Sri Kresna Kepakisan untuk memimpin pemerintahan dengan pertimbangan bahwa Sri Kresna Kepakisan memiliki hubungan erat dengan penduduk Bali Aga.
ISTANA TAMPAK SIRING

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar